Resume Materi
: 10
Materi
: Pemasaran Buku
Pemateri
: Agus Subardana S.E., M.M
Moderator
: Aa Nurhasanah,S.Pd
Hari/Tanggal
: Senin/
2 Agustus 2021
Dimalam spesial ini bersama pamateri yang luar biasa yang masih mudah dan wajah berseri-seri yaitu bapak Agus Subardana S.E.,M.M dan sebagai moderator Ibu Aam Nurhasanah, beliau pada malam ini Senin 2 Agustus 2021, merasa tersanjung dapat hadir di grup WhatsApp bisa bersama dengan Para Guru Hebat,dan menyampaikan mengenai Pemasaran Buku saat Pendemi Covid 19.
Aktifitas Pemateri pada saat ini
adalah:
- Bekerja di Penerbit ANDI Yogayakarta selama 17 th.
- Dari sejak awal th 1999 s.d sekarang menggeluti di
Bidang Pemasaran
- Lulus S1 dan S2 mengambil Jurusan Manajemen
Pemasaran
- Sering menjadi Moderator berbagai event webinar
Pemateri menyampaikan bahwa Buku
merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses
pembelajaran serta sarana penyampaian
informasi. Sejak usia dini,anak–anak telah diperkenalkan pada buku dan
diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda
yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah
mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam
membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya
membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku,menciptakan peluang usaha bagi
pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan
buku.
Dalam pemaparan beliau berkaitan dengan perkembangan industri penerbitan buku yang saat ini dipicu oleh suatu keadaan pandemi Covid 19,yang melanda dunia ini,maka penerbitan buku diindonesia mengalami penurunan drastis dari sisi penjualan,banyak penerbit diindonesia yang Notabene sebelum ada covid 19 ada beberapa penerbit yag terdaftar di IKAPI yang tumbang akibat dari pandemi covid 19.
Dalam rangka untuk mempertahankan industri penerbitan buku, supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai penjualan buku maksimal dan perlu kita memakai strategi jitu
Penerbit Andi Pilihan strategi
pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa
demikian, hal ini dapat dilihat dari jenis-jenis buku yang di terbitkan. Jenis-jenis buku yang diterbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori
buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak
katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku
Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks.
Dari jenis-jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan. Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis. Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1.Faktor Mikro , yaitu perantara,
pemasok, pesaing dan masyarakat.
2.Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi,
politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Pemateri pada malam ini, menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 10.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.
Sebagai penutup Buku adalah cermin,kamu hanya melihat didalamnya apa yang sudah kamu miliki didalam dirimu.
By Al-Faqir Lukman,SQ.M.Pd.I
Suka sekali dengan penutupnya..
BalasHapusMantul pak😊👍
Bagis pak 👍, note untuk tanda baca pak. Penutupnya manis 😊🙏
BalasHapusTertata dan selalu mengingatkan dengan kalimat penutup yang🙏
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKeren... Tetap Semangat, pak
BalasHapusMakasih semua yang sudah komentar dan memberikan ilmu kepada saya untuk lebih baik kedepannya
BalasHapusSemangat Pak.
BalasHapusSangat lengkap
Mantul pa 🙏🤩
BalasHapus