HARI PERTAMA QUR’ANIC WEEK MTs ISTIQLAL JAKARTA
06.00-0630: Ma'tsurat jama'i (ust.Lukman)
06.30-07.00:
Dhuha & Muroja'ah (Ust.Lukman)
07.00-07.30: Pembukaan+Tilawah
07.30-08.30:
Halaqoh 1
08.30-09.00:
Istirahat
09.00-10.00:
Dauroh Qur'an (Ust.Akbar)
10.00-11.00:
Seminar prestasi (Ust.Dani)
Dengan
izin Allah SWT, pada hari ini, Senin 16 Agustus 2021 yang sangat luar biasa dan
memberikan magnet motivasi dan motivator untuk menjadikan ananda MTs ISTIQLAL Jakarta
siswa yang cinta Al-Qur’an dan mengamalkannya isi kandungannya dalam kehidupan
sehari-hari. Acara Qur’an week hari ini dumulai dengan membaca zikir pagi bersama
ustadz dan ustadzah serta peserta didik yang membuat hati kita tenang, adem dan
menyejukkan.
Setelah zikir pagi dilaksanakan dilanjutkan dengan murojaah surah An-Naba,An-Naziat,Abasa, Asy-syams dan Ad-duha yang dipimpin oleh pak Lukman. Dan setelah murojaah ,dilanjutkan dengan sholat sunnah Dhuha bersama, namun tidak berjamaah atau melaksanakan hanya sendiri-sendiri.
Setelah sholat Sunnah Dhuha dan berdoa bersama, dilanjutkan sambutan oleh Ustadzah Erni S.Pd selaku kepala sekolah MTs Istiqlal Jakarta, sebagai sambutan pembukaan Qur’an Week, dimana sambutan yang sangat mengguggah dan menarik perhatian, karena ustadzah mengungkapkan salah satu dari ayat Al-Qur’an yang bermakna Ulul Albab yaitu bagi yang berfikir, ustadzah melanjutkan bahwa yang berfikir disini adalah bukan ahli fisika,bukan Ahli matematika, akan tetapi dia berfikir untuk mempersiapkan diri kegiatan yang bermakna dihari berikutnya.
Setelah sambutan ustadzah Erni dilanjutkan
dengan Halaqoh Qur’an,bersama pembimbing masing-masing dengan memberikan materi
yang sudah ditentukan.
Halaqoh
1 (60 menit)
Kelas
7
1.
Menunggu zoom 5 menit.
2.
Pembukaan:(Do'a+Motivasi) 5 Menit
3.
Materi: 15 Menit
🌻Makhorijul huruf dan sifat (Iqro jilid 1)
4.
Talaqqi Jama'i (4 baris) 10 Menit
🌻 Menggunakan Teknik 2 ( Guru membaca surah siswa
mengikuti)
🌻 Mohon kepada pembimbing ketika talaqqi Jama'i
diharuskan mengeraskan dan memperjelas suara agar materi yang dimaksud dapat
tersampaikan dan dimengerti oleh peserta didik
5.
Talaqqi Infirodhi : 20 Menit
🌻peserta didik diminta membaca kembali surah yang
ditalaqqikan (saat talaqqi Jama'i),cek kesulitan dan kesalahan yang dihadapi
peserta didik.
🌻Setelah menunaikan talaqqi Infirodhi peserta didik
diberikan tugas tilawah mandiri (berupa surah dan ayat yang sama atau
melanjutkan ayat berikutnya)
6.
Muroja'ah: 10 Menit
7.
Penutup: 5 Menit
🌻bertanya/Mendata apa yang dilakukan oleh peserta
didik ketika mengikuti kegiatan Tahsin.
🌻memberikan tugas tambahan (tilawah mandiri) dan
surah ditentukan oleh pembimbing.
🌻Do'a Khatmul Qur'an
💐untuk yang sudah KIM :
Kelas
7:targetan 1 juz
Kelas
8 &9
1.
Menunggu zoom: 5 Menit
2.
Pembukaan:(Do'a+Motivasi) 5 Menit
3.
Materi: 15 Menit
🌻Pengucapan
penggunaan harokat Fathah,Dhommah,Kasroh dan
Tanwin sudah benar
4.
Talaqqi Jama'i (2 baris) 10 Menit
🌻 Menentukan surah dari juz 2 (yang terdapat contoh
dari materi yang disampaikan)
🌻 Menggunakan Teknik 2 ( Guru membaca surah siswa
mengikuti)
🌻 Mohon kepada pembimbing ketika talaqqi Jama'i
diharuskan mengeraskan dan memperjelas suara agar materi yang dimaksud dapat
tersampaikan dan dimengerti oleh peserta didik
5.
Talaqqi Infirodhi : 20 Menit
🌻peserta didik diminta membaca kembali surah yang
ditalaqqikan (saat talaqqi Jama'i),cek kesulitan dan kesalahan yang dihadapi
peserta didik.
🌻dahulukan peserta didik yang dianggap sudah bagus
bacaannya (kemudian berikan penugasan tilawah mandiri) dan akhirkan peserta
didik yang agak lambat (agar dapat waktu lebih lama untuk pengulangan bacaan)
🌻Setelah menunaikan talaqqi Infirodhi peserta didik
diberikan tugas tilawah mandiri (berupa materi Iqro/surah dan ayat yang sama
atau melanjutkan ayat berikutnya)
6.
Muroja'ah: 5 Menit
7.
Penutup: 5 Menit
🌻bertanya/Mendata apa yang dilakukan oleh peserta
didik ketika mengikuti kegiatan Tahsin.
🌻memberikan tugas tambahan (tilawah mandiri) dan
surah ditentukan oleh pembimbing.
🌻Do'a Khatmul Qur'an
💐 Yang sudah KIM : Kartu Izin Menghafal
Kelas 8 : targetan 1 juz
Kelas 9: targetan 1 juz
Setelah Halaqoh pertama, istirahat
sejenak untuk persiapan materi berikutnya,
Pertemuan dipagi
hari ini dibuka oleh ustadz Akbar ( Qari MTs Istiqlal jakarta )selaku
moderator pagi ini dengan doa,semoga kegiatan hari ini Allah berikan keberkahan
dan kemuliaan serta ketenangan bathin. Nara sumber yang hebat yang berpengalaman
khusus dalam bidang Al-Qur’an yaitu ustadz sarifudin Irwansya, S.Pd.I biasa
dipanggil Ustadz AIP menyampaikan
materi tentang " Bersama Al-Qur’an menjadi Generasi terdepan
"
Ustadz
menyampaikan materi yang begitu lunak dan menyerap dalam ingatan kita, mampu
menggetarkan hati para penedengarnya,termasuk siswa dan para ustadz dan ustadzahnya,
karena beliau memberikan materi dan kisah yang langsung beliau alami dan rasakan,dan
disamapaikan dengan hati dan akan sampai kehati. Dan sebagai hamba Allah yang
cerads dan baik serta bertanggung jawab, harus mampu untuk menghafal Al-Qur’an
dan bukan sekedar menghafal saja,akan tetapi bagaimana Al-Qur’an dijadikan
pedoman hidup kita. Dan materi yang disamapaikan ustadz AIP Semoga kita bisa
jadikan Refleksi dalam kehidupan kita untuk menjadi manusia yang cerdas dan
bermanfaat serta sebaik-baikanya diantara kita adalah belajar Al-Qur’an dan
mengajarkannya.
Dan setelah Dauroh Al-Qur’an dilanjutkan
tidak kalah seru, karena ada seminar Siswa yang Berprestasi, yang dimoderatori
oleh ustadz Dany sebagai guru yang hebat dan semangat, dan pematerinya adalah
ustadz Mahfudz Roji,M.Pd,CHt,CHA,CI wooow keren banget gelarnya, Amazing….
Materi
yang disampaikan sangat menarik yaitu Menjadi siswa Berprestasi pasti BISA(Berusaha,
Ikhlas, Syukur,Arahkan) untuk menjadi siswa yang beprestasi harus Berusaha semaksimal
mungkin, harus banyak belajar dan bersungguh-sungguh serta ketekunan dan rajin,
dan disertai dengan ikhlas karena Allah SWT, dan hendakanya kita melakukan
sesuatu hanya ingin mendapatkan ridho Allah SWT, dan ap yang kita lakukan
selalu bersyukur kepada Allah SWT, agar apa yang kita dapatkan bisa berkah dan
mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT,serta arahakn kepada hal-hal yang baik
agar ananda kedepannya bisa menajdi peserta didik yang berprestasi dan berakhlak…
Yang lebih menarik ketika kakak Oji memberikan
kisah tentang anak muda yang diberikan amanah dalam perjalanannya,ketika
melewati sungai dan diharapkan mengambil batu yanga ada disungai tresebut,
dalam perjalanan anak muda tersebut menemukan batu dan menyimpan dalam sakunya…dan
ternyata sebelum samapai ketujuannya dia merasa berat dan terbebani batu yang
ada di sakunya, akhirnya dia buang. Dan ternyata sampai tujuan, batu tersebut
adalah berlian, pasti menyesal, kenapa saya tidak banyak sebanyak-banyaknya,
dan setelah menceritakan kisah tentang anak muda, kk Oji kembali bertanya
kepada peserta didik pemebelajaran Apa yang bisa kita ambi dari peristiwa
tersebut? Dan peserta didik MTs Istiqlal jakarta merespon kk Oji,diantaranya
ada chalisa, safina, raisa, dan fayad dan amsih banyak siswa yang lain ingin
memberikan jawaban atau pembelajaran yang bisa diambil dari kejadian tersebut,
diantaranya kesulitan apapun yang kita hadapi tidak boleh cepat putus asa,tidak
ada penyesalan didepan, dan ketika kita mendapatkan sesuatu yang sulit jangan
langsung menyerah, karena bisa berbuah yang manis dan bermanfaat…
Semoga kita semua menjadi Ahlul Qur'an yang selalu menjaga Al-Qur'an dan mengamalkannya....................................Aamiin Yaa Allah
By Al-Faqir Lukman,SQ., M.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar