Senin, 16 Agustus 2021

QUR'AN WEEK MTs ISTIQLAL JAKARTA HARI PERTAMA

                 

                                            
                     

               HARI PERTAMA QUR’ANIC WEEK MTs ISTIQLAL JAKARTA

06.00-0630: Ma'tsurat jama'i (ust.Lukman)

06.30-07.00: Dhuha & Muroja'ah (Ust.Lukman)

07.00-07.30: Pembukaan+Tilawah

07.30-08.30: Halaqoh 1

08.30-09.00: Istirahat

09.00-10.00: Dauroh Qur'an (Ust.Akbar)

10.00-11.00: Seminar prestasi (Ust.Dani)

        Dengan izin Allah SWT, pada hari ini, Senin 16 Agustus 2021 yang sangat luar biasa dan memberikan magnet motivasi dan motivator untuk menjadikan ananda MTs ISTIQLAL Jakarta siswa yang cinta Al-Qur’an dan mengamalkannya isi kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Acara Qur’an week hari ini dumulai dengan membaca zikir pagi bersama ustadz dan ustadzah serta peserta didik yang membuat hati kita tenang, adem dan menyejukkan.

        Setelah zikir pagi dilaksanakan dilanjutkan dengan murojaah surah An-Naba,An-Naziat,Abasa, Asy-syams dan Ad-duha yang dipimpin oleh pak Lukman. Dan setelah murojaah ,dilanjutkan dengan sholat sunnah Dhuha bersama, namun tidak berjamaah atau melaksanakan hanya sendiri-sendiri.   

                                                                  

      

 

        Setelah sholat Sunnah Dhuha dan  berdoa bersama, dilanjutkan sambutan oleh Ustadzah Erni S.Pd selaku kepala sekolah MTs Istiqlal Jakarta, sebagai sambutan pembukaan Qur’an Week, dimana sambutan yang sangat mengguggah dan menarik perhatian, karena ustadzah mengungkapkan salah satu dari ayat Al-Qur’an yang bermakna Ulul Albab yaitu bagi yang berfikir, ustadzah melanjutkan bahwa yang berfikir disini adalah bukan ahli fisika,bukan Ahli matematika, akan tetapi dia berfikir untuk mempersiapkan diri kegiatan yang bermakna dihari berikutnya.

       Setelah sambutan ustadzah Erni dilanjutkan dengan Halaqoh Qur’an,bersama pembimbing masing-masing dengan memberikan materi yang sudah ditentukan.

Halaqoh 1 (60 menit)

Kelas 7

1. Menunggu zoom 5 menit.

2. Pembukaan:(Do'a+Motivasi) 5 Menit

3. Materi: 15 Menit

🌻Makhorijul huruf dan sifat (Iqro jilid 1)

4. Talaqqi Jama'i  (4 baris) 10 Menit

🌻 Menggunakan Teknik 2 ( Guru membaca surah siswa mengikuti)

🌻 Mohon kepada pembimbing ketika talaqqi Jama'i diharuskan mengeraskan dan memperjelas suara agar materi yang dimaksud dapat tersampaikan dan dimengerti oleh peserta didik

5. Talaqqi Infirodhi : 20 Menit

🌻peserta didik diminta membaca kembali surah yang ditalaqqikan (saat talaqqi Jama'i),cek kesulitan dan kesalahan yang dihadapi peserta didik.

🌻Setelah menunaikan talaqqi Infirodhi peserta didik diberikan tugas tilawah mandiri (berupa surah dan ayat yang sama atau melanjutkan ayat berikutnya)

6. Muroja'ah: 10 Menit

7. Penutup: 5 Menit

🌻bertanya/Mendata apa yang dilakukan oleh peserta didik ketika mengikuti kegiatan Tahsin.

🌻memberikan tugas tambahan (tilawah mandiri) dan surah ditentukan oleh pembimbing.

🌻Do'a Khatmul Qur'an

💐untuk yang sudah KIM :

Kelas 7:targetan 1 juz

Kelas 8 &9

1. Menunggu zoom: 5 Menit

2. Pembukaan:(Do'a+Motivasi) 5 Menit

3. Materi: 15 Menit

🌻Pengucapan

 penggunaan harokat Fathah,Dhommah,Kasroh dan Tanwin sudah benar

4. Talaqqi Jama'i  (2 baris) 10 Menit

🌻 Menentukan surah dari juz 2 (yang terdapat contoh dari materi yang disampaikan)

🌻 Menggunakan Teknik 2 ( Guru membaca surah siswa mengikuti)

🌻 Mohon kepada pembimbing ketika talaqqi Jama'i diharuskan mengeraskan dan memperjelas suara agar materi yang dimaksud dapat tersampaikan dan dimengerti oleh peserta didik

5. Talaqqi Infirodhi : 20 Menit

🌻peserta didik diminta membaca kembali surah yang ditalaqqikan (saat talaqqi Jama'i),cek kesulitan dan kesalahan yang dihadapi peserta didik.

🌻dahulukan peserta didik yang dianggap sudah bagus bacaannya (kemudian berikan penugasan tilawah mandiri) dan akhirkan peserta didik yang agak lambat (agar dapat waktu lebih lama untuk pengulangan bacaan)

🌻Setelah menunaikan talaqqi Infirodhi peserta didik diberikan tugas tilawah mandiri (berupa materi Iqro/surah dan ayat yang sama atau melanjutkan ayat berikutnya)

6. Muroja'ah: 5 Menit

7. Penutup: 5 Menit

🌻bertanya/Mendata apa yang dilakukan oleh peserta didik ketika mengikuti kegiatan Tahsin.

🌻memberikan tugas tambahan (tilawah mandiri) dan surah ditentukan oleh pembimbing.

🌻Do'a Khatmul Qur'an

💐 Yang sudah KIM : Kartu Izin Menghafal

 Kelas 8 : targetan 1 juz

 Kelas 9: targetan 1 juz

      Setelah Halaqoh pertama, istirahat sejenak untuk persiapan materi berikutnya, Pertemuan dipagi hari ini dibuka oleh ustadz Akbar ( Qari MTs Istiqlal jakarta )selaku moderator pagi ini dengan doa,semoga kegiatan hari ini Allah berikan keberkahan dan kemuliaan serta ketenangan bathin. Nara sumber yang hebat yang berpengalaman khusus dalam bidang Al-Qur’an yaitu ustadz sarifudin Irwansya, S.Pd.I biasa dipanggil Ustadz AIP  menyampaikan  materi tentang " Bersama Al-Qur’an menjadi Generasi terdepan "  

      Ustadz menyampaikan materi yang begitu lunak dan menyerap dalam ingatan kita, mampu menggetarkan hati para penedengarnya,termasuk siswa dan para ustadz dan ustadzahnya, karena beliau memberikan materi dan kisah yang langsung beliau alami dan rasakan,dan disamapaikan dengan hati dan akan sampai kehati. Dan sebagai hamba Allah yang cerads dan baik serta bertanggung jawab, harus mampu untuk menghafal Al-Qur’an dan bukan sekedar menghafal saja,akan tetapi bagaimana Al-Qur’an dijadikan pedoman hidup kita. Dan materi yang disamapaikan ustadz AIP Semoga kita bisa jadikan Refleksi dalam kehidupan kita untuk menjadi manusia yang cerdas dan bermanfaat serta sebaik-baikanya diantara kita adalah belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.

       Dan setelah Dauroh Al-Qur’an dilanjutkan tidak kalah seru, karena ada seminar Siswa yang Berprestasi, yang dimoderatori oleh ustadz Dany sebagai guru yang hebat dan semangat, dan pematerinya adalah ustadz Mahfudz Roji,M.Pd,CHt,CHA,CI wooow keren banget gelarnya, Amazing….

       Materi yang disampaikan sangat menarik yaitu Menjadi siswa Berprestasi pasti BISA(Berusaha, Ikhlas, Syukur,Arahkan) untuk menjadi siswa yang beprestasi harus Berusaha semaksimal mungkin, harus banyak belajar dan bersungguh-sungguh serta ketekunan dan rajin, dan disertai dengan ikhlas karena Allah SWT, dan hendakanya kita melakukan sesuatu hanya ingin mendapatkan ridho Allah SWT, dan ap yang kita lakukan selalu bersyukur kepada Allah SWT, agar apa yang kita dapatkan bisa berkah dan mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT,serta arahakn kepada hal-hal yang baik agar ananda kedepannya bisa menajdi peserta didik yang berprestasi dan berakhlak…

      Yang lebih menarik ketika kakak Oji memberikan kisah tentang anak muda yang diberikan amanah dalam perjalanannya,ketika melewati sungai dan diharapkan mengambil batu yanga ada disungai tresebut, dalam perjalanan anak muda tersebut menemukan batu dan menyimpan dalam sakunya…dan ternyata sebelum samapai ketujuannya dia merasa berat dan terbebani batu yang ada di sakunya, akhirnya dia buang. Dan ternyata sampai tujuan, batu tersebut adalah berlian, pasti menyesal, kenapa saya tidak banyak sebanyak-banyaknya, dan setelah menceritakan kisah tentang anak muda, kk Oji kembali bertanya kepada peserta didik pemebelajaran Apa yang bisa kita ambi dari peristiwa tersebut? Dan peserta didik MTs Istiqlal jakarta merespon kk Oji,diantaranya ada chalisa, safina, raisa, dan fayad dan amsih banyak siswa yang lain ingin memberikan jawaban atau pembelajaran yang bisa diambil dari kejadian tersebut, diantaranya kesulitan apapun yang kita hadapi tidak boleh cepat putus asa,tidak ada penyesalan didepan, dan ketika kita mendapatkan sesuatu yang sulit jangan langsung menyerah, karena bisa berbuah yang manis dan bermanfaat…

        Semoga kita semua menjadi Ahlul Qur'an yang selalu menjaga Al-Qur'an dan mengamalkannya....................................Aamiin Yaa Allah


By Al-Faqir Lukman,SQ., M.Pd.I     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar